Pages

Kamis, 21 April 2011

TUGAS KKPI

1. JELASKAN PERBEDAAN EMAIL CLIENT DAN WEB EMAIL DAN APAKAH KELEBIHAN DARI JENIS-JENIS EMAIL TERSEBUT?

  • EMAIL CLIENT  =>
Sebuah email program klien merujuk kepada melalui antarmuka yang sederhana yang dapat mengakses account email Anda. It helps untuk mengirim atau menerima email. Umum contoh email client adalah Outlook Express, Outlook Web Access, Mozilla thunderbird, Fox mail dll

Semua berguna seperti program email client, Eudora dan Microsoft Outlook Express telah mendapatkan banyak perhatian dari techsavy konsumen. Eudora tersedia untuk Apple Macintosh dan sistem operasi Microsoft Windows. Di sisi lain, Microsoft Outlook Express datang digabungkan dengan beberapa versi MS Windows, mulai dengan Windows 98 ke Windows XP.

Ada email yang diatur dalam peraturan kebanyakan klien email program yang membantu Anda untuk menyesuaikan pilihan sesuai kebutuhan pribadi Anda. Umumnya, orang-orang terkena sementara membuat aturan untuk email. Email aturan mempermudah penanganan pesan email yang masuk karena mereka adalah serangkaian kondisi yang dapat membantu dalam memproses dan mengatur pesan secara otomatis. Kondisi akan menentukan pesan bahwa aturan akan berlaku untuk.

Membuat peraturan yang baik dan menyenangkan fungsional jalan ke kotak email Anda tetap relatif aman dan bebas spam. Saat ini adalah dukungan layanan email yang datang untuk membantu. Email teknisi yang menawarkan dukungan terus luas pengalaman yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut untuk keperluan bisnis dan komputasi rumah. Mereka tidak hanya membantu Anda untuk menyelesaikan email kesalahan, tetapi juga mendidik Anda dengan cara untuk mencegah hal-hal serupa di masa mendatang.

Demikian juga, tidak boleh ada kebingungan tentang cara email client sudah terpasang. Sebagai contoh: Ketika menginstal Microsoft Outlook, pengguna biasanya menjadi bingung tentang cara mengkonfigurasi Outlook. Email dukungan membantu Anda untuk masalah umum Microsoft Outlook masalah konfigurasi.

Ada banyak perusahaan yang luar biasa untuk menawarkan aumkan email termasuk dukungan layanan seperti pemasangan kesalahan dengan email, instalasi program klien email, pengaturan account email gratis dengan Internet Service Provider (ISP), mengaktifkan spam blockers dalam program email, dan lain-lain .

  •  WEB EMAIL =>
Web Mail adalah klien email yang menggunakan halaman Web sebagai media untuk mengelola email di sisi klien. Sesuai dengan sifat AplikasiWeb, pemakai Webmail tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak dan cukup mengisi sangat sedikit konfigurasi. Dengan kemudahan akses halaman Web dari banyak tempat, Webmail menjadi lebih disukai lagi terutama bagi mereka yang sering berganti-ganti komputer untuk akses Internet. Penyedia jasa Webmail gratis pun cukup banyak tersedia karena mereka dapat menyediakan halaman Web yang akan sering dikunjungi pemakainya, dengan imbal balik berupa pemasukan dari iklan.
2. APA YANG DIMAKSUD DENGAN POP3?

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk menarik atau mengambil email dari server email yang digunakan.
Untuk menggunakan POP3 bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan POP3 di perlukan settingan:
  1. Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
  2. Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
  3. Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
  4. Account Name : anda@domainanda.com
  5. Password : password yang telah anda buat sebelumnya 



3. TULISKAN LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBUAT MILIST!

      1. Klik di sini Jangan lupa Sign dulu dengan user dan password alamat email yahoo

      2. Klik "Start your group"

      3. Akan ada tulisan "Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category" scroll ke bawah di ada tulisan "Browse Group Categories" yang di bawahnya ada bebarapa kategori yang bisa kita pilih. Di antaranya Business & Finance, Computers & Internet, Cultures & Community dll. Klik untuk memilih salah satu. Klik "Continue".

      4. Lihat tulisan "Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category (Continued). lalu scroll ke bawah ada "Browse Group Categories" di bawahnya tertulis beberapa kategori juga di antaranya Business Schools, Companies, Consumer dll. Klik lagi salah satu untuk memilih. Klik "Continue".

     5. Ada lagi "Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category (Continued)". Kalau tidak mau menambah Sub kategori langsung aja klik tombol "Place My Group Here" dan masuk ke langkah berikutnya untuk membuat nama group dan deskripsinya. Ada tulisan "Step 2 of 3: Describe Your Group"

Group Name : Isi dengan nama group yang dikehendaki misalnya "langkah baru" atau " The spiritcarier "
Enter Your Group Email Address : Isi alamat email group misalnya "langkahbaru", "spiritcarier" dll
Describe Your Group : Isi dengan penjelasan group. Silahkan berkreasi untuk menjelaskan kepada rekan onliner tentang tujuan dari Milis yang kita bangun, apa boleh pasang iklan atau tidak dll. Singkat boleh panjang boleh asal tak lebih dari 2000 karakter.
Setelah selesai klik aja "Continue".

     6. Ada tulisan Step 3 of 3: Select your Yahoo! Profile and Email Address. Tarik ke bawah. Di bawah tulisan "Word Verification" masukkan di kolom yang tersedia rangkaian huruf acak dengan benar. Udah kan? Klik aja "Continue".

     7. Sukses. Setelah ada konfirmasi gini Congratulations!

Your Group langkah baru has been created. You can access your group using the link below or from the Yahoo! Groups "My Groups" page.

maka berarti pembuatan Milis kita udah selesai. Lihatlah detail dari Group name, Group home page dan Group email. Ringkasnya kita sudah punya alamat group ( Url Group ) misalnya http://groups.yahoo.com/group/langkahbaru

     8. Langkah berikutnya klik link "Customize Your Group" untuk setting detail group kita. Klik aja langsung Get Started, lalu Next, lalu Next kemudian Finish. Beres.

     9. Kalau sobat pengen ngundang teman untuk join klik tombol "Invite People". Jika tidak langsung aja Klik Go To Group. Nah udah kelihatan kan halaman milis kita.

    10. Selamat menjadi moderator Milis.




4. APA YANG DIMAKSUD DENGAN MILIST DAN BLOG PADA WEB?

  • MILIST =>

Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.

Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.

Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.


  • BLOG =>

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.
SEJARAH BLOG
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
  1. Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
  2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.

0 komentar:

Posting Komentar